Perkembangan Teknologi

Salah satu aplikasi yang paling populer dikalangan masyarakat sekarang adalah instagram. Plaform ini memungkinkan penggunanya mengunggah foto/video disertai keterangan/deskripsi mengenai hal yang diunggah. Selain ini, aplikasi ini juga menghubungkan setiap orang dengan saudara, keluarga, teman atau bahkan orang – orang yang mereka idolakan. Fungsi instagram sendiri menjadi lebih luas. Pada akhirnya terjadi banyak sekali transformasi informasi mengenai berbagai macam perkembangan mode, pilihan gaya hidup, metode berfikir, ilmu pengetahuan, dan hal – hal dinamis lainnya. Instagram kini tidak hanya hadir sebagai salah satu alternative dalam bersosialita dengan dunia maya, tetapi juga bisa menjadi alternative baru dalam melancarkan aksi bisnis, seperti pemasaran tentunya. Meski hingga kini facebook masih menjadi sosial media terbesar dengan aktivasi terbesar di dunia, tetapi instagram mampu menawarkan konsep yang berbeda kepada para penggunanya. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Instagram juga menawarkan beberapa fitur – fitur promosi yang memudahkan penggunanya untuk mengarahkan pada segmentasi dan target pasarnya.

Sosial media sendiri hadir sebagai bagian dari perkembangan tehnologi. Manusia sebagai mahluk sosial memiliki kebutuhan aktualisasi diri dengan lingkungannya. Manusia juga memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam berbagai situasi. Dunia internet memungkinkan hal tersebut terjadi. Berbagai macam aplikasi hadir untuk menjawab kebutuhan manusia sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Individu sendiri pada akhirnya tidak hanya memilih satu platform aplikasi saja. Mereka menggunakan platform – flatform terlaris dalam layanan mobile, dan meyakini bahwa hal tersebut yang populer berkembang di masyarakat dunia.

Potensi industri digital di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Saat ini ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Durasi kita memegang perangkat telepon selular bahkan lebih dari 5,5 jam perhari dan membuka 46 aplikasi dan alamat website. Ini adalah modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis berbasis teknologi digital di Tanah Air. Volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50%. Di sisi lain, salah satu faktor pendukung yang menentukan kemajuan sebuah negara adalah jumlah entrepreneur. Hingga Maret 2016 lalu, jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 1,65% dari total penduduk. Melihat fakta tersebut, kita sebenarnya memiliki peluang untuk menciptakan entrepreneur nation dengan memanfaatkan teknologi digital yang akan menjadikan kita tuan rumah di negara sendiri. Smartphone sudah menjadi bagian dari seorang manusia sendiri yang merupakan indera keenam atau the Sixth Sense. Sekarang semua orang bisa mengandalkan smartphone dengan berbagai apps-nya untuk melakukan sensing pada lanskapnya

Dunia pemasaran sendiri sekarang mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Penggunaan media – media konvensional seperti baliho, spanduk, brosur, iklan radio, iklan surat kabar, iklan televisi dan flier masih diminati untuk mengenalkan suatu produk dan menawarkan keunggulannya. Namun seiring perubahan zaman, berbagai macam saluran pemasaran baru terbentuk. Perkembangan internet membuat manusia mampu mengakses berbagai macam informasi terbaru melalui berbagai platform digital. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Hal ini menutut para perusahaan dan tenaga pemasar untuk memaksimalkan platform digital ini dengan efisien dan efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir

Membuat Company Profile yang Memaparkan Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia

Membuat Company Profile yang Menonjolkan Peningkatan Layanan dan Keamanan